USAHA SAMPINGAN BIDIKAN KONSUMEN ANAK-ANAK

USAHA SAMPINGAN BIDIKAN KONSUMEN ANAK-ANAK
USAHA SAMPINGAN BIDIKAN KONSUMEN ANAK-ANAK

Anak anak jajanSebelum melangkah terjun di usaha sampingan, pengetahuan mengenai kelompok pasar yang akan dituju pastinya menjadi acuan utama. Terlebih lagi bila kita belum tahu mau usaha apa. Sasaran pasar yang kita lihat jumlahnya harus potensial terhadap usaha yang kita buka. Namun bila kita tidak ada ide mau buka usaha apa, maka potensi di lingkungan sekitar bisa kita jadikan inspirasi yang bisa saja menimbulkan ide usaha yang sifatnya sudah umum maupun usaha yang sifatnya unik.

Seperti pada contoh usaha dengan bidikan pasar konsumen yakni anak-anak. Kenapa anak-anak?? ya pastinya yang bisa membelanjakan uang untuk kebutuhan pokok maupun non pokok tentu bukan orang dewasa saja. Anak-anak juga punya kebutuhannya sendiri, seperti jajan, main game, pergi ke warnet, beli mainan yang lagi trend dan lain sebagainya. Pada intinya, kelompok pasar anak-anak masih layak dita garap bila itu memungkinkan. Lalu bagaimana untuk menggarap pasar anak-anak agar makin prospektif untuk dibidik..? simak ini.

Pelajari dulu soal lokasi

Sebelun Anda menemukan ide yang tepat mengenai jenis usaha atau bisnis apa yang akan dipilih, cobalah amati potensi pasar anak-anak di aderah Anda. Tentunya ini juga akan dipengaruhi oleh karakter ekonomi kedaerahan. Karena tiap daerah pastinya punya karakter tingkatan ekonomi yang bebeda. Andapun bisa mulai melihat jalanan, apakah banyak anak usia Sekolah Dasar bermain sepeda, mainan tradisional, main bola dan lain sebagainya. Dari melakukan pengamatan yang sederhana ini, maka akan cukup mudah memikirkan inspirasi usaha apa yang kira-kira cocok yang pangsa pasarnya adalah anak-anak.

Menentukan pilihan usaha

Setelah mengamati kondisi di suatu daerah, baik mengenai populasi jumlah anak-anak maupun berdasar tingkatan ekonomi, maka langkah selanjutnya Anda bisa mulai pikirkan jenis usaha apa yang layak untuk didirikan di suatu lokasi yang banyak anak-anak. Bila bingung mau pilih jenis usaha apa, maka cobalah mengacu pada beberapa jenis usaha. Seperti misalnya, usaha makanan, minuman, hiburan, atau bahkan pendidikan.

Untuk usaha makanan bahkan banyak sekali pilihannya. Terlebih untuk makanan unik yang sangat disuka oleh anak-anak, minuman unik seperti ???buble drink??? juga cukup diminati anak-anak di kalangan perkotaan. Usaha hiburan pun sangat beragam, mulai dari warnet game online, persewaan komik, Play Station dan lain sebagainya.

Tentukan Lokasi Usaha

Usaha sampingan yang membidik anak-anak sebagai pasarnya ini tentu juga harus memikirkan lokasi. Soal lokasi bisa dibagi menjadi dua, yakni bisa di rumah maupun di luar rumah. Bila lingkungan rumah Anda cukup banyak anak-anak yang lalu lalang, maka tak ada salahnya dibuka di rumah. Namun bila tak memungkinkan di rumah, sewa tempat di lokasi yang potensial bisa segera Anda rencanakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*