Menulis = Konsisten + Disiplin

Menulis = Konsisten + Disiplin
Menulis = Konsisten + Disiplin

CAR BARU Menerbitkan Buku, Bebas Penolakan Naskah

Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada penolakan naskah. Temukan CARA BARU menerbitkan buku yang akan membuat senyum bahagia Anda bertahan lebih lama. Klik di sini.

Apa sih yang didapat dari menulis? Honor? Ketenaran? Penyaluran hobi?

Dalam wawancaranya dengan sebuah harian nasional, Clara Ng ? seorang penulis yang telah menghasilkan puluhan buku cerita anak dan novel ? mengatakan bahwa menulis adalah satu-satunya cara agar tetap ?waras?. Melalui tulisannya, Clara menyalurkan ide-idenya, kegelisahannya dan pemikirannya. Bagi Bang Jonru, founder Writers Academy, menulis adalah part of his life. Bagi saya ? yang ingin tulisan saya ?beredar? di media cetak ? menulis sama dengan konsisten dan disiplin.

Ketika pertama kali tulisan saya muncul di sebuah majalah anak-anak, wahh.. senangnya luar biasa. Padahal honornya tidak luar biasa, hehehe?. Setelah yang pertama itu, saya ingin tulisan saya lainnya bisa dimuat. Bukan cuma di satu media cetak, tetapi di banyak media cetak yang berbeda. Kalau bisa sih menjadi penulis tetap. Berhubung sampai sekarang belum ada yang menawari, saya sendiri yang membuat jadwal kapan harus mengirim tulisan ke media A, kapan waktunya menulis untuk media B, dan seterusnya.

Kelihatannya mudah, tetapi prakteknya sama sekali tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namanya juga manusia, inginnya sih hari ini mengirim tulisan ke media, minggu depan dimuat, bulan depan ditawari jadi kontributor tetap, tiga bulan kemudian menerbitkan buku dan langsung best seller, hehehe?.

Padahal kenyataannya tidak bisa seperti itu. Setiap sesuatu itu perlu proses dan perlu waktu. Kuncinya adalah konsisten dan disiplin. Karena saya ingin ingin tulisan saya dimuat di media cetak, ya saya harus rajin mengirim tulisan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*